Arsitektur Komputer


Selamat datang diblog merodt, selamat datang di mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, selamat membaca segala ilmu yang ada diblog ini. Sapa aja ya merodt dengan kata mimin. nah dibawah ini mimin akan share bagian yang menyangkut dengan Bus Sytem itu sendiri. disini akan dibahas contoh-contoh Bus Sytem yang ada pada komputer.
silahkan dibaca dan disimak.


Contoh- Contoh Bus



Dalam arsitektur komputer, BUS adalah sebuah subsistem yang mentransferkan data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. 


Bus tebagi kedalam beberapa jenis yaitu :

   1. Bus ISA.

a                         Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBMPC/AT pada tahun 1984.  bus ISA (Industry Standar Architecture)  yang pada dasarnya adalah  bus  88 PC /AT yang beroperasi pada 8,33 MHz. ISA adalah jenis bus yang digunakan dalam PC untuk menambahkan kartu ekspansi. Sebagai contoh, sebuah slot ISA dapat digunakan untuk menambahkan kartu video, kartu jaringan, atau port serial tambahan. Bus ISA merupakan bus kecepatan rendah yang tua, segera akan dikeluarkan dari rancangan PC. 

     2. Bus PCI

               Bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras.  Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. PCI memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi seperti : video adaptor, NIC, disk controller,sound card, dan lain-lain.. Standard PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33 MHz,laju  transfer data 264 MB per detik atau 2,112 Gbps .

      3. Bus USB

              Bus USB diperkenalkan pada tahun 1996 dengan nama USB 1.0, dengan kecepatan transfer 1.5 Mbit/s (low speed) dan 12 Mbit/s (full speed)Kemudian USB 2.0 pada tahun 2000 dengan kecepatan transfer 480 Mbit/s (High speed).Dan pada tahun 2010 telah dirilis USB 3.0 dengan kecepatan transfer mencapai 5Gbit/s (10 kali dari USB 2.0). Semua perangkat peripheral tidak efektif apabila dipasang pada bus kecepatan tinggi PCI, sedangkan banyak peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer. Sebagai solusinya tujuh vendor computer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northen Telecom) bersama-sama meranccang bus untuk peralatan I/O berkecepatan rendah. Standar yang dihasilakan dinamakan Universal Standard Bus (USB). USB (Universal Serial Bus) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.

    4. Bus SCSI


             Bus SCSI (Small Computer System Interface) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipoulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuan besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8,16, atau 32 saluran data.

    5. Bus Firewire 

             Firewire adalah jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.Bus ini juga terbagi atas. Firewire digunakan sebagai salah satu standar koneksi antar-muka antara alat audio-visual dengan komputer, seperti kamera digital maupun kamera video digital.

     6. Bus HDMI

             HDMI merupakan port pengembangan dari graphic card. HDMI merupakan kependekan dari High definition Multimedia interface, dimana HDMI mendukung semua bentuk multimedia. Fungsinya sama seperti Port VGA, hanya saja HDMI mampu mentransmisikan media dengan kualitas HD dan dapat mentransmisikan sinyal suara. Saat ini HDMI merupakan pilihan untuk menampilkan display komputer pada layar yang lebih besar, seperti monitor TV, dan projector.


Demikan beberapa Contoh Bus sytem Pada Komputer, semoga Informasi Ini Bermanfaat.
Mimin pamit istirahat dulu ya. 
good Night :) 




.
Blog, Updated at: Saturday, May 21, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Pencarian