Dasar Teori: Pengertian, dan Konsep dari Grid Computing (Komputasi Grid)

1. Grid Computing 

   Grid computing adalah arsitektur TI baru yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap dinamika bisnis. Dengan grid computing, sejumlah komponen hardware dan software yang modular dan independen akan dapat dikoneksikan dan disatukan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan bisnis. Lebih jauh, dari sisi ekonomi, implementasi grid computing bearti membangun pusat komputasi data yang tangguh dengan struktur biaya variatif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
      
      Grid computing merupakan penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak computer terpisah secara geografis namum tersambung pada saluran komunikasi untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar. Pada pengembangannya grid computing difokuskan untuk meningkatkan kemampuan komputasi, akses data dan peningkatan kapasitas penyimpanan data.

Iam Foster pada tahun 2002 menyampaikan pengertian dari Grid. Grid adalah suatu sistem yang:

1. Mengkoordinasi sumber daya (resources) yang tidak tunduk kepada kendali terpusat. (jika tidak, kita sedang berurusan dengan sistem manajemen local)
2. Menggunakan protokol dan antarmuka (interface) yang bersifat standard, open dan general-purpose (sebaliknya, kita berurusan dan suatu sistem khusus aplikasi)
3. Untuk menghasilkan kualitas layanan (QoS) yang tidak trivial (tidak sepele). (ini akan memenuhi tuntutan pengguna yang kompleks, sehingga ultilitas dari sistem terkombinasi secara signifikan lebih besar dari pada ultilitas total dari bagian-bagiannya).

2. Konsep Grid Computing

Adapun konsep dasar dalam Grid Computing yaitu:
1. Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara local.
2. Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda.
3. Sifat alami dinamis: sumber daya  dan pengguna dapat sering berubah.
4. Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik di internet)

Blog, Updated at: Tuesday, January 23, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Pencarian