Cara Efektif Redakan Depresi





Hidup kadang dipenuhi dengan kesibukan dan tuntutan , rentan hal itu membuat seseorang despresi. Terlebih bila masalah yang dihadapinya tak kunjung reda dan semakin menumpuk.
Sayangnya menurut para peneliti dari Indiana University yang dipimpin oleh Prathik Kini sebagia besar orang memutuskan untuk meredakan dpresi dengan cara yang pada akhirnya menimbulkan masalah baru. Misalkan dengan cara berbelanja yang akhirnya membuat keuangan sedikit berantakan. Atau makan enak yang berefek pada berat badan. Padahal ada cara lain yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun saja. Dalam study tersebut , peneliti merekrut 43 orang yang merasa depresi dan meminta mereka untuk melakukan sesi konseling sebagai pengobatan untuk kegelisan atau dpresinya. 22 dari responden diminta untuk melakukan kegiatan “pay it forward” yaitu menerima sejumlah uang lalu menuliskan catatan rasa asyukur pada selembar kertas . lalu memberikan sebagian uang tersebut kepada orang lain yang layak membutuhkan.
Sedangkan peserta lain tidak harus melakukan hal yang sama, tetapi mereka diminta untuk menggunakan uang tersebut untuk kesenangan lain.
Tiga bulan setelah konseling usai, peneliti melakukan scanner otak pada masing-masing peserta. Para peneliti menemukan bahwa semakin kuat rasa syukur yang dirasakan dan semakin banyak uang yang diberikan untuk beramal membantu orang lain. Maka akan semakin tinggi aktivitas otak didaerah frontal, parietal, oksipital.
Hal tersebut berhasil menciptakan efek syaraf yang menimbulkan rasa emosional yang unik bila dilakukan secara rutin yaitu perasaan bahagia, merasa cukup, dan bahkan meningkatkan empati pada orang lain. Dengan kata lain, semakin sering anda bersykur dan beramal, maka bagian dari otak seakan memiliki kemampuan baru, yaitu otot syukur yang dapat diperkuat bila anda sering bersyukur. Menariknya semakin kuat otot tersebut maka akan banyak pula perasaan-perasaan bahagia yang muncul secara spontan di masa depan.
“semua dimulai dengan rasa syukur, semakin banyak kita bersyukur maka semakin besar kemungkinan kita untuk bertindak pro-sosial terhadap orang lain, sehingga memberikan kita kesempatan untuk lebih banyak beramal.
Jadi sudahkan anda bersyukur dan menikmati Berkat dari yang Kuasa?
Akhir kata mimin Ucapkan terima kasih bagi pembaca semua yang telah berkunjung J
Baca informasi Berita Lainnya disini




Seputar Berita
Blog, Updated at: Wednesday, May 18, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Pencarian